Unik, Gunakan Aplikasi Termometer Pada Tablet Peserta Didik MIN 2 Sinjai Ukur Suhu dan Titik Beku
Lappa, Sinjai Utara (MIN 2) – Peserta didik kelas 6.A Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Sinjai belajar tentang pengukuran suhu dan titik beku dalam tema “Pembuatan Es Krim” menggunakan aplikasi termometer digital. Sabtu (12/10/2024).
Nirmala Santi, pendidik kelas 6.A mengungkapkan bahwa pembelajaran ini menggabungkan teori matematika dengan praktik langsung yang melibatkan eksperimen sederhana membuat es krim.
“Dalam kegiatan tersebut, peserta didik diajak untuk tidak hanya memahami konsep suhu dan titik beku, tetapi juga mengukur suhu secara langsung selama proses pembuatan es krim. Dengan menggunakan aplikasi termometer yang terpasang di tablet mereka, peserta didik dapat memantau suhu adonan es krim dan melihat bagaimana suhu turun hingga mencapai titik beku, sekitar -3°C,” ungkapnya.
Alasannya, Nirmala Santi ingin membuat pembelajaran matematika lebih menyenangkan dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Salah satunya dengan mengajarkan konsep titik beku melalui pembuatan es krim, yang sangat dekat dengan pengalaman peserta didik.
“Melalui pendekatan ini, peserta didik belajar bagaimana matematika dan sains saling terkait. Mereka tidak hanya mengerti teori, tetapi juga melihat langsung penerapannya. Selain itu, mereka juga diajarkan untuk menggunakan hasil pengukuran suhu sebagai data matematika sederhana yang dapat diolah dalam bentuk grafik perubahan suhu,” bebernya.
Nirmala Santi berharap, melalui kegiatan pembelajaran ini dapat terus mendorong kreativitas dan inovasi dalam metode pembelajaran untuk semua mata pelajaran.
“Tidak hanya untuk matematika, tetapi juga untuk mata pelajaran lain, sehingga peserta didik bisa belajar dengan cara yang menyenangkan dan aplikatif. Pembelajaran bertema pembuatan es krim ini telah berhasil menunjukkan bahwa matematika dapat diajarkan dengan cara yang lebih kreatif, praktis, dan dekat dengan dunia peserta didik,” tutupnya. (Nihan)
Penulis : Yusniar
Editor : Milkhatul Hasanah


